Apakah ruang sosial/publik berarti ruang yang digunakan untuk tujuan-tujuan sosial/publik, atau sekadar ruang yang diisi oleh anggota masyarakat yang disebut khalayak?
Jumat, 16 Oktober 2015
Soft Power
Majalah Monocle beberapa bulan lalu membuat survai peta negeri adi daya (super power) dunia. Bukan dari aspek militer, tapi "brand" nasional yg mendunia lewat diplomasi/propaganda ekonomi-bisnis-budaya. Amerika lewat Hollywood dan Lembah Silikon-nya; Brazil lewat sepakbola jogo bonito; Korea dg K-Pop; Inggris dg radio BBC-nya; Tiongkok dg kun gfu; Jepang dg Doraemon; atau Belgia lewat Komik Tintin. Ketika banyak negeri mulai beralih ke soft-power, mau ke mana konsep bela negara ala Indonesia? (Farid Gaban)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar