Senin, 21 September 2015

Agenda Setting

Salah satu teori yang paling populer untuk membaca media adalah Agenda Setting. Kalau dirangkum, saripati teori ini bilang bahwa media selalu berjalan dengan kepentingannya sendiri. Kepentingan ini yang menentukan bagaimana sebuah peristiwa diberitakan, isu apa saja yang ditonjolkan atau ditutupi, dan seterusnya.

Dari agenda setting ini, pembaca diajak tidak hanya untuk mengetahui sebuah peristiwa tetapi juga "terlibat aktif" dalam membincangkan atau tidak membincangkan isu-isu tertentu sesuai frame yang dibentuk dengan memanfaatkan "gambar yang ada di kepala kita". Alurnya kira-kira agenda media diharapkan bisa menjadi agenda publik, dan agenda publik didorong sampai bisa menjadi kebijakan publik.

Contoh paling ideal tentu melihat berita-berita politik pas ribut-ribut pilpres. Dua gambar yang saya lampirkan ini contoh framing, yang oleh beberapa ahli disebut sebagai level kedua agenda setting.

(Sebagai pengantar tentang Agenda Setting bisa baca tulisan lawas Maxwell McCombs dan Donald Shaw, The Agenda Setting Function of Mass Media).

(Wisnu Prasetyo Utomo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar