Selasa, 10 November 2015

Kapan Koran-koran di Indonesia akan Tutup Total?

"Nu, menurutmu kapan koran-koran di Indonesia akan tutup total?"


Seorang teman bertanya tentang postingan saya pagi tadi tentang koran Sinar Harapan yang mau tutup. Saya bingung menjawabnya. Tapi saya merekomendasikan buku Vanishing Newspaper kepada kawan saya tersebut. Ini buku ditulis Philip Meyer, seorang profesor kajian media. Ia bilang koran akan tutup total tahun 2043. Meyer menghitung tren secara matematis dari penurunan eksemplar dan jumlah pembaca. Tapi di buku itu Meyer tidak memasukkan variabel internet yang bisa mempercepat keruntuhan media cetak. Jadi, kalau nubuatnya dipercaya, mungkin kedatangannya akan lebih cepat. Tapi benarkah?

*Kalau teman-teman ada yang tertarik baca, saya punya bukunya*

(Wisnu Prasetya Utomo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar