Jumat, 16 Oktober 2015

Pertanyaan untuk Nun

Kemarin siang, pertanyaan pertama yang diajukan Maulida Sri Handayani ketika ketemu saya adalah, "Kang, 'Nun' teh beneran ada?"

Petangnya, sebelum kami berempat berpisah, ia mengajukan pertanyaan titipan dari Bu Nunik Iswardhani, yang siangnya sebenarnya mampir ke Senayan, tapi tak tahu ada agenda "kopi darat" di kantin. Pertanyaannya kurang lebih sama, "Tolong tanyakan pada Mas Tarli, 'Nun' itu sebenarnya ada atau tidak sih?"

Terus terang, itu sudah jadi pertanyaan standar setiap kali saya bertemu dengan kawan-kawan baru yang sebelumnya hanya dijumpai di lini masa Facebook.

Kalau ketemu kawan-kawan lama, terutama yang sudah beberapa tahun tak sua, pertanyaannya agak sedikit bergeser, "Gimana kabaranya 'Nun'?"

Alih-alih menanyakan kabar saya, mereka malah menanyakan kabar karakter dalam cerita saya itu. Sialan!

Seperti yang sudah-sudah, saya selalu menjawab pertanyaan-pertanyaan itu dengan tertawa kecil.

"Akan saya jelaskan dalam bukunya nanti." Biasanya, itu kata-kata yang keluar.

(Tarli Nugroho)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar